Skip to main content

Kebaikan Apa sih.....

Apakah yang tersirat dalam benak hati dan fikiranku tadi. Ketika ku sendiri lembur di BP dari pagi sampe malam. Sebetulnya tidak ada sama sekali hubungannya dengan itu semua. Sungguh bukan maksud memberi benang merah atas semua pada hari ini. Sekedar tersirat untuk menuliskan tentang apakah arti dari kebaikan itu.

Huh, sungguh fana sepertinya menuliskan arti definisi ataupun pula makna kebaikan. Barangkali hanya sekedar refleksi tentang pemahaman diri dan opini pribadi aku tentang hal itu semua. Saat terbersit pun tak ada kerangka jelas dalam rongga-rongga otak ini akan kemana arah opini itu nanti pada teks ini. 

Mari kita mulai dengan bertanya. Pernahkan aku melakukan kebaikan? Dan kujawab pasti pernah. Pastilah pernah. Kan kita manusia. Jadi pernah kebaikan dan pernah pula keburukan, yang dilakukan.
Kalau kita telah mengakui itu kebaikan masih pantaskah itu disebut kebaikan. Bukankah membanggakan kebaikan kebaikan adalah salah satu bentuk keburukan.

Ah sudahlah, kita niatkan saja kebaikan kita bisa berawal, berproses dan berujung dengan dan masih pada sebuah kebaikan murni.

Lantas apa itu kebaikan. Apa hubungannya dengan keberanara. Hmm, apakah akan menjadi acak arah tulisan ini nanti. Kita lihat saja. Apa yang aku fikirkan dan yang terlintas pada benak diri ini yang akan tertuang pada tulisan ini, kecuali yang lupa. 

Bila kita sedang melihat sesuatu yang kita fikir itu kebaikan, menurut saya kita sedang diberi tahu ALLAH bahwa itulah yang namanya kebaikan. Manusia dar lahir belum mengetahui apa itu dan bagaimana itu menjadi, sehingga dia akan hanya melakukan apapun itu yang dia lihat, dengar, rasakan dan pahami, lantas dia percayai. Itu =lah yang akan dia yakini dan akan lakukan diwaktu kemudian. Itu yang mengawali manusia mengetahui itu merupakan kebaikan. Karena pada waktu tersebut manusia dari hatinya dan benaknya merasakan damai dan mafaat dari kebaikan tersebut. Apakah setelah ini bisa ditarik bahwa kebaikan awalnya memang dirasakan manusia ataupun amkhluk apapun dari dalam perasaan dan hatinya. 

Lantas bagaimana dia tahu kalau itu merupakan kebaikan. Karena makhluk punya perasaan, walaupun pada manusia di relevankan dengan fungsi otak dan pada makhluk lain pada instingnya.

GamBP-20.07-6Jun2016
to be continued... 

Salah satu bentuk kebaikan adalah ketika kita merelakan mengikhlaskan bahwa hati dan hak kita pernah dicederai oran lain dalam bentuk dan kadar bagaimanapun. Ikhlas yang beberapa orang bilang itu fana, sebetulnya sangat nyata. Ketika kita tak lagi mau dan berniat mengulang memori jahat dan sakit itu dan orang-orang yang melakukannya. Pun juga telah bisa menjadi bersikap biasa saja dan tak memunculkan efek pada perlakuan kita pada mereka. Ikhlas itu salah satu kebaikan yang berat. Banyak orang yang sadar ataupun tidak sadar dalam tindak tanduknya berkaitan dengan sakit hatinya ataupun tentang dendamnya pasti akan tersirat untuk sekedar mengingat, membicarakan, ataupun bahkan terbersit membalasnya dalam bentuk seringan apapun. Banya dari kita yang secara sadar mengakui telah ikhlas dan berubah menjadi baik tapi masih mengganjalkan rasa itu di hati dan fikirannya. Itu belum ikhlas wahai masyarakat... Memaafkan adalah salah satu sisi bingkai dari ikhlas. Itu berat. Berat betul. Tapi sesungguhnya semua dari kita mampu melakukannya asalkan mau. Bukan dari watak atau momentum yang menghalangi, tapi kemauan kita sendiri tiap individu untuk memaksa. Memaksa hati dan fikiran untuk melupakannya dan membuat seakan-akan tidak pernah terjadi apa-apa dari mereka pada kita. Dan lagi diikuti dengan memaksa diri untuk mengembalikan sikap netral kita menaggapi kesan-kesan hati ketika mendangar, melihat, atau berjabatan dengan tangan mereka sampai melihat mata dan wajahnya. Kesan netral adalah kelanjutan. Umumnya otak manusia me-recall memory lama pada apa yang dilihat oleh mata. Akan tetapi kemauan hati dan dimohonkan oleh neuron otak agar melebur memori itu ataupun pada awalnya berakting menjadi biasa dan membiasakan rasa biasa yang netral itu. Hmmmm. Sebuah kebaikan yang rumit dan sulit, namun sesungguhnya mulia.

{sambil kerja\



Comments

Popular posts from this blog

Paksa Aku Introspeksi

Mereka bilang iya benar. Benar mereka bilang seperti itu. Hampir semua pernah bilang itu. Aku terlalu sensitif, mudah tersinggung, mudah marah, temperamental, baper, dan masih banyak lagi. Oh ALLAH, tamparan apa lagi sebetulnya ini. sebetulnya ini luar biasa. Dengan sadar aku kembali disadarkan akan kekuranganku. Aku pernah berdoa agar aku tidak pernah merugikan orang lain. Mungkin secara langsung iya benar. Akan tetapi sifatku yang itu jelas nyatanya menggangu mengusik batin mereka dan paling tidak persepsi mereka semua luar dalam tentang diriku. Aku tak tau mengapa bisa seperti ini. Selalu alasan yang tak masuk akal yang lagi dan lagi masih kugenggam. Tapi ini memang nyata. Ini memang harus disadari. Bahwa itu aku. Itu aku dimata mereka. Harusnya ku sadar. Aku sudah sadar. Aku tahu. Aku bahkan telah bersaha memperbaikinya. Dalam benak aku berharap dukungan dan bantuan untuk lebih mengerti aku. Apakah itu namanya memanjakan sifat buruk? Aku tak tahu. Oke memang aku pertama yang h
KEJUARAAN NASIONAL KARATE UNY CUP V http://karateunycup.blogspot.com/2012/04/undangan-mengikuti-kejuaraan-karate.html   .: Undangan Mengikuti Kejuaraan Karate :. Kepada Yth. Pengurus perguruan-perguruan Karate anggota FORKI, Pengurus Daerah atau dojo-dojo perguruan Karate anggota FORKI dan instansi-instansi pemerintah atau swasta di Indonesia. Di ,- tempat Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera kami sampaikan. Semoga rahmat, hidayah, serta inayah-Nya tetap tercurah kepada kita semua, sehingga kita dapat menjalankan berbagai aktivitas tanpa suatu halangan apapun. Sehubungan dengan diadakannya Kejuaraan Nasional UNY Cup V, maka kami selaku panitia pelaksana mengundang kepada Dojo/ Perguruan Karate anggota FORKI untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Adapun kegiatan tersebut Insya Allah akan dilaksanakan pada : Hari : Sabtu – Minggu Tanggal : 14 – 15 Juli 2012 Waktu : 08.00 WIB – selesai Tempat :

FAHHAMA education

FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education FAHHAMA education   Anda seorang mahasiswa atau siswa sekolah atau orang tua siswa ?  Jasa mana yang sedang anda cari ?:      Kursus Bahasa Inggris (TOEFL, Conversation, Skills, SD, SMP, SMA, Ujian, dll)      Belajar Mengaji (bisa belajar dari 0, tahsin, sampai tahfidz)     Jasa Translation (Penerjemahan) : Indo - Inggris / Inggris - Indo     Jasa Tugas Kuliah: Resume Jurnal, Review Jurnal, Makalah, dll     Jasa Pendampingan pengerjaan Skripsi dan Tesis     Jasa Refference Management Application: Mendeley     Asistansi/bantuan pembelajaran dan pertemuan daring, include: seminar, rapat, pelatihan                                             dan jasa